Kanan dan Kiri [Markus 10:35-40]


Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepadaNya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!" JawabNya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?" Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaanMu kelak, yang seorang lagi di sebelah kananMu dan yang seorang di sebelah kiriMu." Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?" Jawab mereka: "Kami dapat." "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Tetapi hal duduk di sebelah kananKu atau di sebelah kiriKu, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan."


Melihat gambar sewaktu Yesus disalibkan di Bukit Kalvari bersama-sama dua orang penyamun, hatiku tersentuh dan firman ini mencuat keluar dari kedalaman jiwa. Siapakah antara murid-murid Yesus yang Ia panggil sahabat berdiri bersamaNya ketika Dia dihukum, diseksa, sehingga disalibkan? Persoalan untuk diriku sendiri, sanggupkah aku berdiri dan menjadi saksi hidup tentang iman dan kepercayaanku di hadapan orang lain? Kiranya aku menjawabnya "Aku dapat." Yesus sudah menyatakannya padaku "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima..."


Untuk mengikuti Yesus, aku perlu menyangkal diriku. Untuk mengikuti Yesus, aku mesti memikul salib kehidupanku. Segala keperluan dan kemestian yang perlu aku taati. Tapi perlukah aku berkira semua itu sesudah Yesus menyerahkan nyawaNya demi menebus dosa-dosaku? Perlukah aku menghitung berapa banyak kebaikan yang sudah aku lakukan di hadapanNya dan sesama untuk melayakkan aku duduk di sebelah kiriNya atau kananNya?


Oh Yesus yang manis dan lembut, betapa sungguh aku tidak sepantasnya menjadi pelayanMu; namun oleh belas kasihanMu, Engkau melayakkan aku. Seperti penyamun yang disalibkan di sebelah kananMu ketika dia mengatakan "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."...begitulah aku pada saat ini Yesus, dengan penuh kerendahan dan kehinaan, aku menyatakannya di hadapanMu. Sesungguhnya, hanya Engkaulah Tuhan yang layak kami sembah dan agungkan. Terpujilah namaMu yang kudus. Kasihani dan berilah kami damai. Amen.


Comments

Popular posts from this blog

Sinar Kemuliaan

Sirakh 2:1-18

Mazmur 8:2-9 [Psalm 8:2-9]